WAKTU TUNGGU PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU BANGKALAN

Penulis

  • R. Adhisty Rama. A
  • Sarah Zielda

Kata Kunci:

Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan, Dimensi, Waktu Tunggu Pasien

Abstrak

Pelayanan kefarmasian adalah pelayanan yang dilakukan secara langsung dan bertanggung jawab kepada pasien, berkaitan dengan sediaan farmasi untuk mencapai hasil terapi yang pasti dalam meningkatkan mutu kehidupan pasien. Adanya tuntutan pasien akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan perluasan pelayanan dari paradigma lama yang berorientasi kepada produk (drug oriented) menjadi paradigma baru yang berorientasi kepada pasien (patient oriented) dengan filosofi pharmaceutical care. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui berapa lama waktu tunggu pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu yang diperoleh dari hasil kuesioner responden. Hasil penelitian menunjukkan semua dimensi terdapat persentase sebesar 80,34% yaitu dimensi daya tanggap memiliki tingkat kepuasan paling tinggi sebesar 81,03%, dimensi kepastian memiliki tingkat kepuasan dengan persentase sebesar 80,93%, dimensi berwujud memiliki tingkat kepuasan dengan persentase sebesar 80,26%, dan dimensi empati memiliki tingkat kepuasan dengan persentase sebesar 79,25%.

Referensi

Diny, 2019. “Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Magelang”. Skripsi. Yogyakarta:UII Yogyak Diny. 2019. “Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Magelang”. Skripsi, Yogyakarta

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit, Jakarta

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia 2015, Jakarta

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Peraturan Mentri Kesehatan RI Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, Jakarta Muninjaya, Gde AA. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta

Nasrul, 2014. Dasar-Dasar Keperawatan Masyarakat Edisi 3. EGC, Jakarta

Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., Aliyah, S. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD Dr. Murjani Sampit. Journal Of Pharmacy. 1(1): 22-26.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung

Wijaya H. 2012. Analisis Pelaksanaan Kesehatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Bidang Farmasi Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tugu Ibu Tahun 2012. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

R. Adhisty Rama. A, & Sarah Zielda. (2022). WAKTU TUNGGU PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU BANGKALAN. Indonesian Journal Pharmaceutical and Herbal Medicine, 1(2), 88–95. Diambil dari http://jurnal.akfaryannas.ac.id/index.php/IJPHM/article/view/26

Terbitan

Bagian

Artikel