TINGKAT KEPUASAAN PELAYANAN KEFARMASIAAN PASIEN RAWAT INAP DI INSTALASI FARMASI RSUD SYAMRABU BANGKALAN

Penulis

  • Riska Mustika Dewi
  • Ika Sukma

Kata Kunci:

Kepuasan, pelayanan, derajat kesehatan

Abstrak

Kepuasan  pasien tergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan. Pengguna jasa pelayanan rumah sakit dalam hal ini pasien menuntut pelayanan berkualitas tidak hanya menyangkut kesembuhan dari penyakit secara fisik atau meningkatkan derajat kesehatan tetapi juga menyangkut kepuasan terhadap sikap, tersedianya sarana prasarana yang memadai dan lingkungan fisik yang dapat memberikan kenyamanan. Mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan di RSUD Syamrabu Bangkalan. Penelitian dilakukan dengan secara kuantitatif yang bersifat  prospektif menggunakan metode survey dengan memberikan kuesioner  terhadap pasien rawat inap di Instalasi Farmasi RSUD Syamrabu Bangkalan. Jumlah responden yang dilibatkan  sebanyak  30 responden. Setelah penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kehandalan (reability) 83% sangat puas, tingkat ketanggapan (responsivenes) 82% sangat puas, tingkat keyakinan (assurance) 84% sangat puas, tingkat empati 82% sangat puas, tingkat bukti langsung (tangible) 86% sangat puas.

Referensi

Citraningtyas, Gayatri. 2019. “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna”. JMPF Vol 10(1), 2020.

Fahriadi, 2007. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di RS:Diantara Tuntutan Social Dan Industri Bisnis. http:rsudraza.banjarkab.go.id/ ?p ageid=11. Diakses 1 Novemer 2021.

Jacobis,Ronaldo. 2013. FaktorFaktor Kualitas Pelayanan

Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas di BLU RSUP Prof.DR. R.D Kandou Manado. J.Emba. Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal.619-629.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Peraturan Mentri Kesehatan RI Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. Supriyanto dan Ernawati. 2010. “Pemasaran Industri Kesehatan. CV. Andi. Yogyakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit CV Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Riska Mustika Dewi, & Ika Sukma. (2022). TINGKAT KEPUASAAN PELAYANAN KEFARMASIAAN PASIEN RAWAT INAP DI INSTALASI FARMASI RSUD SYAMRABU BANGKALAN. Indonesian Journal Pharmaceutical and Herbal Medicine, 1(2), 105–112. Diambil dari http://jurnal.akfaryannas.ac.id/index.php/IJPHM/article/view/22

Terbitan

Bagian

Artikel