TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI HIPERTENSI DI APOTEK SEJAHTERA MEDIKA

Penulis

  • yunitafitriani
  • Ika Sukma

Kata Kunci:

Kata kunci : Hipertensi, kepatuhan, Obat anti hipertensi

Abstrak

Hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dikontrol dan membutuhkan pengobatan dalam jangka Panjang bahkan seumur hidup, ketidak patuhan terhadap terapi hipertensi merupakan factor yang menghambat pengontrolan tekanan darah sehingga membutuhkan intervensi untuk meningkatkan kepatuhan terapi. Kepatuhan dalam pengobatan dapat diartikan sebagai perilaku pasien mentaati semua nasehat dan petunjuk yang dianjurkan oleh tenaga medis. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan minum obat pasien hipertensi di Apotek Sejahtera Medika. Pengambilan Sampel menggunakan Teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak jumlah subjek yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar kuisioner morisky medication adherence scale. Penelitian dilakukan pada periode Juli – Agustus 2021. Hasil kuisioner yang didapat kemudian dikumpulkan dan dilakukan pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan di Apotek Sejahtera Medika dapat ditarik kesimpulan bahwa Tingkat Kepatuhan Minum Obat anti Hipertensi dengan kategori tinggi  ( 45 % ), kategori Sedang ( 30 % ), kategori rendah ( 25 % ).                             

Referensi

Almisbah, Z. 2008. Penatalaksanaan hipertensi non farmakologi dalam penurunan angka kejadian stroke. Dipetik 14 Oktober 2012.

Amila, A., Sinaga, J., & Sembiring, E. 2018. Self_Efficacy dan Gaya Hidup Pasien Hipertensi. Jurnal Kesehatan, 9 (3), 360.

Arovah N. Prinsip pemrograman latihan fisik pada penyakit kronis. Dipetik 2 Mei 2013.

Dimyanti V. Dimyanti, V. 2012. Prevalensi hipertensi di indonesia masih tinggi. Dipetik 9 Februari 2013.

Jaya, N. 2009. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan pasien dalam minum

obat antihipertensi di puskesmas pamulang kota tangerang selatan propinsi banten tahun 2009.

Kawulusan, K. B., Katuuk, M. E., & Bataha, Y. B. 2019. Hubungan Self-Efficacy Dengan Kepatuhan Minum Obat Hipertensi Di Puskesmas Ranotana Weru Kota Manado.

Lailatushifah S. Kepatuhan pasien yang menderita penyakit kronis dalam mengonsumsi obat harian. Dipetik 6 November 2012.

Riskesdas. Hasil Utama Riskesdas Kota Malang. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (1-88). 2018;

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

yunitafitriani, & Ika Sukma. (2022). TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI HIPERTENSI DI APOTEK SEJAHTERA MEDIKA. Indonesian Journal Pharmaceutical and Herbal Medicine, 1(2), 121–125. Diambil dari http://jurnal.akfaryannas.ac.id/index.php/IJPHM/article/view/20

Terbitan

Bagian

Artikel